Oktober 24, 2007

Pastel kering isi Abon

Pastel kering yang renyah ini dapat menjadi pengisi toples Anda. Rasanya gurih dengan isian Abon super yang khusus didatangkan dari dapur Bundaku.
Silahkan coba resepnya....

Bahan:
500 gr terigu
300 gr mentega , dicairkan, didinginkan
3 butir telur
garam secukupnya ( atau 1 bks Royco rasa sapi)
air secukupnya

Caranya:
Semua bahan dicampur hingga kalis.
Digilas hingga 1 mm .
Cetak dg tutup gelas.
Isi dg abon dan lipat menjadi 1/2 lingkaran.
Lipit2 ujung adonan pastel.
Kemudian digoreng hingga kuning, dan kering.

25 komentar:

  1. kok ga pake air sm soda kue ya...

    BalasHapus
  2. Kalou mau diberi soda kue juga boleh ....tapi kalau pake resep kami ini, pastelnya sudah cukup renyah kok....
    OK selamat mencoba yaaa....

    BalasHapus
  3. kenapa menteganya harus dicairkan??
    sy pernah cb mentega g perlu dicairkan

    BalasHapus
  4. Mentega tidak harus dicairkan..Saya kadang kalau buru2 juga menteganya tidak dicairkan dulu...hasilnya sama...tetep crispy..!!

    BalasHapus
  5. knp z tiap resep sll yg berbeda tkarannya mertega.kdang ada yg terigunya 500grm tp merteganya cma 75 gram??apa pengaruhnya jka kebnyakan atw kekurangan mertega pada pastel kering itu.
    THANX

    BalasHapus
  6. sebaiknya menteganya harus seimbang,supaya hasilnya renyah ..Perbandingan takaran 2:1 antara terigu, saya pergunakan untuk mendapatkan kulit pastel yang renyah. Tapi takaran ini tidak mutlak harus 2:1. ( sesuai selera). Yang pasti bila takaran antara mentega dengan terigunya 1:3, atau 1:4, hasilnya lebih keras bila dibandingkan takaran 1:2 untuk mentega : terigunya.

    BalasHapus
  7. trima kasih resepnya mba...ntar mlm aq cobain deh...do'ain smg berhasil yah? :D

    BalasHapus
  8. untuk mengkaliskan adonan apa perlu dibanting-banting, satu resep jadi berapa?

    BalasHapus
  9. terima kasih mbak Indah....semoga berhasil yaa....

    BalasHapus
  10. Mbak Rahma , kalau satu adonan dg pastel uku kecil ( 1 1/2 ruas jari), dapat dibentuk sekitar 60 pastel kering. Lumayan banyak yaa....Ok selamat mencoba resepnya...tx

    BalasHapus
  11. Halo,
    Saya ada baca resep pastel kering ini, tapi ada tambahan tepung kanji sedikit (kira2x 50 gram). Apa efeknya bila ditambahkan tepung kanji? Apakah lebih garing atau mungkin lebih awet?

    Terima Kasih

    BalasHapus
  12. Kalau ditambah tepung kanji jadi tambah renyah ...dan garing....lebih awet juga karena garing. Tx

    BalasHapus
  13. kalau dihitung kiloan, satu resep jadi berapa kilo ya ? soalnya saya mau bikin yang lumayan banyak, bisa kira2 10 kg pastel. bikin berapa resep ya ? tq

    BalasHapus
  14. kalau untuk resep saya yg diatas tersebut, satu resep dapat menghasilkan kurang lebih 1 kg pastel matang. Jadi kalau mau membuat 10 kg pastel matang , teman2 dapat menggunakan 10 kal resep diatas. Tx

    BalasHapus
  15. mbak resepnya uenaak lho, bikin satu resep langsung habis sama suami 'n anakku... mbak tinoeg punya resep kembang goyang ndak? minta donk...... trims boanget ya........

    BalasHapus
  16. terima kasih yaa....saya senang sekali kalau teman2 berhasil memasaknya dan disukai keluarga.....kalau untuk kembang goyang saya belum punya, tapi saya mau coba juga , soalnya pas lebaran kemarin dapat kiriman kembang goyang yg empuk,renyah dan enak.....saya masih penasaran dg resepnya.....

    BalasHapus
  17. mbak punya resep akar kelapa.......???!!!

    BalasHapus
  18. mbak tinoeg resepnya terigunya merk apa ? menteganya merk apa ? kmrn aku bikin jadinya kok melempen.... pdhl udah aku giling tipis, tp kok hasilnya tidak kriuk-kriuk. trm ksh.

    BalasHapus
  19. @tentang resep akar kelapa:...saya belum punya resepnya, tapi nanti saya mau coba buat akar kelapa yg renyah dan wangi dg aroma kelapa sangrai. ...Ditunggu yaaa...tx

    BalasHapus
  20. @tentang merk terigu dan mentega:...sebenarnya merk apa saja juga bisa asal terigu protein rendah ( misal : Segitiga Biru, Kunci Mas). Kemudian menteganya juga merk apa saja. Untuk resep ini saya menggunakan mentega Blue band. tapi boleh juga memakai merk lain kok....hehehehee....

    BalasHapus
  21. mbak Tinoeg, mau tanya, apakah camilan yang di goreng ( misalnya rempeyek, pastel kering, kembang goyang dll) kalau ditambah kanji akan semakin renyah? trm kasih.

    BalasHapus
  22. Iya...dan dengan perbandingan 3:1., tepung terigu/beras:kanji...

    BalasHapus
  23. klo mau nguleni adnan apa perlu di tambahkan minyak goreng biar kalis gitu,trus untuk 500gr tepung berapa takaran untuk kanji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu pakai minyak goreng, cukup pk mentega sesuai takaran aja sdh cukup kalis kok....Ok selamat mencoba.!

      Hapus
  24. Iya smua resep kadang berbeda".......
    dlu saya pernah cb resep dr ibu malah pke air santan jg yg sdh d bumbui royko & bawang putih yg sudah dimasak dlu...malah ribet........

    BalasHapus

Your comment:

.

.
.

Write Your Comment .,Please. !

Write Your Comment .,Please. !
.

My facebook

Tinug Nugraheni's Facebook profile

Widget Statistick

Sing a Song.....

.

Posts before..........

.

Dividers